Minggu, 24 Mei 2009

sepenggal kisah "the kite runner"

Novel ini gw baca lebih dulu dibanding ATSS (A Thousand Splendid Suns)
hasilnya adalah: Menyentuh, liris, dramatis, filmis...

penggalan kisah ini gw copypaste dari :
http://indonezee.blogspot.com/2009/05/kite-runner-1st-novel-khaled-hosseini.html

Cerita tentang persahabatan antara Amir dengan Hassan. Amir adalah anak dari seorang saudagar kaya yang biasa dipanggil Agha Shahib. Seorang anak yang kurang mendapat kasih sayang dari ayahnya sejak ibunya meninggal. Menurut Amir, Agha Shahib tidak begitu menyukai dirinya karena ia dianggap sudah membunuh ibunya. Iya, ibunya meninggal saat melahirkannya. Jadilah ia seorang nak yang tertutup dan kurang pemberani. Sedangkan hassan adalah anak pembantunya yang begitu setia dengan Amir. Bahkan ia selalu pelindung Amir. Namun kesetiaan Hassan tidak mendapat timbal balik. Saat Hassan mendapatkan masalah ( pelecehan seksual ), Amir justru lari dari masalah tersebut. Lagi-lagi ini karena Amir adalah anak yang kurang punya nyali. Sejak saat itu ia merasa bersalah dengan Hassan. Tapi ia tak bisa berbuat banyak kecuali diam. Hal inilah yang terus menyiksa Amir. Setiap ia berhadapan dengan Hassan rasa bersalahnya selalu muncul. Sehingga suatu saat ia berniat mengusir Hassan dari rumahnya dengan memberi saran agar ayahnya mencari pembantu lain. Tapi usahanya harus gagal karena ayahnya tidak menyetujuinya. Tapi ternyata menyusun sebuah rencana dengan memfitnah Hassan telah mencuri jam tangannya. Sejak kejadian itu Hassan dan Ali, ayahnya pergi dari rumah yang sudah Ali tinggali 40 tahun.

Negara Afghanistan diusik oleh Rusia dan pemberontakan terjadi di mana-mana. Hal inilah yang akhirnya membuat Agha Shahib harus mengungsi ke California, Amerika Serikat. Di sana mereka menjalani kehidupan barunya. Dan di sana pula Amir tumbuh menjadi remaja dan sukses menjadi penulis.

Suatu hari ia mendapat telpon dari teman ayahnya, Rahim Khan yang saat itu tinggal di Palestina. Ia meminta Amir agar segera menemuinya. Setelah bertemu Rahim Khan, Amir mendapat sebuah berita duka. Sebuah berita tentang kematian Hassan. Ia sangat terpukul dengan kabar itu. Rasa bersalahanya kembali muncul saat ia mengingat masa kecilnya bersama Hassan. Apalagi setelah ia mendengar cerita dari Rahim Khan bahwa ia dan Hassan adalah saudara. Iya, ayahnya pernah berselingkuh dengan istri Ali dan melahirkan Hassan. Satu lagi, Rahim Khan meminta Amir untuk menjemput putra Hassan, Sohrab yang sedang ditahan oleh kaum pemberontak di Afghanistan. Demi menebus rasa bersalahnya kepada almarhum Hassan, Amirpun menyanggupinya. Padahal untuk mendapatkan Sohrab bukan perkara yang mudah. Ia harus memasuki Afghanistan yang sedang kacau. Ia harus bertemu dengan kaum pemberontak yang bisa membahayakan nyawanya.

Bagaimana petualangan Amir untuk menebus rasa bersalahnya kepada sang Adik?

The Kite Runner, sebuah novel yang bagus. Khaled Hossaeni mampu menceritakan sebuah cerita yang ok banget. Ia mampu mengajak pembaca untuk tersenyum atau menangis. Ia mampu mengajak pembaca untuk ikut larut disetiap detail ceritanya. LUAR BIASA !!!

Tidak ada komentar: