Selasa, 11 November 2008

TRIK SUKSES OBAMA

info ini gw ambil dari inilah.com


Hade dan Obama sukses lewat dunia maya.

INILAH.COM, Jakarta – Masyarakat politik Indonesia mendadak terperangah ketika perolehan suara Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) melejit meninggalkan dua pasang pesaingnya yang diusung partai besar dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Dalam waktu yang hampir bersamaan, dunia juga terperanjat ketika nama Barack Obama tiba-tiba melambung.

Dua figur muda di dunia politik itu memang punya kiat sukses yang relatif sama. Kuncinya ada di keyboard, Sukses Senator Illinois Barack Obama meraih banyak dukungan adalah karena ia cerdik memanfaatkan media internet untuk berkampanye, selain juga media konvensional seperti televisi.

Namun, dukungan suara dari rakyat Amerika melalui dunia maya ini begitu massif, sehingga ia mampu mengungguli popularitas rivalnya, Senator New York Hillary Clinton. Dari internet pula Obama mendapat sokongan dana dari donor independen. Meski secara perorangan sumbangan itu kecil, tapi menjadi menggunung setelah jaringan yang dibangun Obama meluas.

Buktinya terlihat dari jumlah donor yang menyumbang untuk kampanye kandidat presiden kulit hitam itu. Berdasarkan data di tim kampanye Obama, tercatat 1,3 juta donor telah memberikan sumbangan dana. Sebagian besar dilakukan melalui internet.

Begitu banyaknya donor yang menyumbang, membuat kubu Obama kebanjiran uang hingga US$ 131 juta selama tiga bulan pertama tahun ini. Sementara Hillary hanya kebagian US$ 70 juta.

Jangan bandingkan dengan John McCain. Calon Republik ini jauh tertinggal dalam perolehan dana kampanye. Selama Januari hingga Februari, McCain hanya meraih US$ 23 juta, sementara perolehan Maret belum diumumkan.

Bukti bahwa Obama jauh lebih popular dibandingkan lawan-lawannya didukung oleh manajer kampanye Obama, David Plouffe. "Banyak dari donor kami yang menyumbangkan secara sukarela untuk kampanye ini. Ini menjadikan kampanye kami sebagai pasukan akar rumput terbesar dalam sejarah,” katanya.

Begitu juga rahasia kemenangan Hade. Kunci suksesnya ternyata juga terletak dalam kepiawaian mereka memanfaatkan keyboard. Ketika mereka resmi dicalonkan jadi calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat, ‘mesin politik’ berupa mailing list langsung bergerak.

Informasi yang diterima INILAH.COM menyebutkan, terdapat 207 kanal mailing list yang digunakan Hade untuk berkampanye. Antara lain pk-bandung@egroups.com, pk-bandung-subscribe@egroups.com, pk-dpd-bogor@egroups.com, pk-info@egroups.com, pk-info-subscribe@egroups.com, pk-oz@egroups.com, pk-oz-subscribe@egroups.com, pk-timur@egroups.com, dan pk-timur-subscribe@egroups.com.

Mesin di jaringan internet inilah yang selama 24 jam setiap hari 'bergerak' di gugusan dunia maya. Segala program, diskusi, dan forum lain yang isinya untuk kepentingan memenangkan Hade, 'ditancapkan' ke dalam otak setiap netter. Hasilnya memang luar biasa. Perolehan suara Hade mengungguli kedua rivalnya.

"Kami tidak punya cukup dana untuk kampanye," kata Dede Yusuf dalam sebuah wawancara di televisi. Rupanya ia ‘bergerilya’ melalui internet.

Partai Keadilan (PK) teridentifikasi sebagai partai yang paling aktif menggunakan internet untuk menggerakkan massanya. Umumnya mailing list Partai Keadilan cukup mudah diidentifikasi, karena menggunakan awalan PK di awal nama mailing list-nya, seperti, partai-keadilan (534 orang), PK_Linkbisnis (528 orang), pk-bandung (167 orang), pkjaksel (114 orang), pk-pesanggrahan (107 orang), dan yang terbesar adalah pk-info (1064 orang).

Umumnya trafik e-mail sedang sekitar 50-100 mail per bulan, hanya partai-keadilan yang mempunyai trafik mail sangat tinggi hampir mendekati 1.000 e-mail per bulan. Ini menunjukkan keaktifan gerakan Partai Keadilan (PK) secara umum di dunia maya dibandingkan dengan partai-partai lainnya yang masih bertumpu pada paradigma lama.

Setelah konsentrasi massa dan topik teridentifikasi, bagian yang paling seru adalah mengidentifikasi siapa saja pemain kunci atau pimpinannya, serta pola pergerakan dan penetrasi ke dalam komunitas. Hal ini lebih sulit dilakukan dalam waktu yang singkat dengan sekian banyak komunitas Indonesia di internet.

Lima mailing list tertua dengan massa di atas 100 orang, adalah net-trade (346 orang, tentang bisnis), labs-feusakti (125 orang, tentang ilmu pengetahuan), indosexxx (3722 orang, tentang pornografi), reformed (100 orang, tentang keagamaan), dan yang tertua adalah trade (155 orang, tentang bisnis).

Umumnya trafik e-mail mereka sedang-sedang saja, sekitar 50-80 e-mail setiap bulan. Hanya net-trade yang menunjukkan trafik yang cukup tinggi mendekati 600 mail per bulan.

Jadi, bila pasangan calon ingin menang dalam pilkada berikutnya, cobalah ber-mailing list ria.

Tidak ada komentar: